Peran Blog dalam Dunia Pendidikan yang Amat Berarti

blogku Sebelumnya saya swasembada tidak sempat mendapatkan wasiat harus mempunyai blog saat kuliah lepas. Tapi waktu ini adik-adik tingkat saya ternyata harus memiliki blog lo untuk emas tempawan kuliah Menyarikan. Soalnya kemarin saya dimintai sama itu komentar pada blognya. Tapi saya seorang diri tidak tau apakah mereka akan luar biasa menggunakan blog tersebut lalu kedepannya. Harapannya sih wajar mereka manfaatkan.



Jadi sebenarnya manfaat blog sendiri dalam dunia pendidikan ini apa?

Beberapa kali saya pernah menduga tentang manfaat menulis. Elok secara daring atau luring. Nah ngeblog kan rutin menulis isinya. Meskipun tidak jarang orang-orang ngeblog isinya hanya foto atau video bahkan hanya suara. Namun tetap tidak bisa dipisahkan dari pelaksanaan menulis, setidaknya menuliskan perkara foto, video, atau talun yang diposting di blog.

Ini dia manfaat blog versi Tips dan Strategi Media On line untuk dunia pendidikan.

Terapi

Belajar tentunya menjadi kegiatan yang mampu memicu stress jika tidak diselingi dengan hal-hal yang lain. Nah kalau belajarnya melalui blog, kiranya mengurangi tingkat stress tersebut dan menyalut juga kali terapi sesat akal. Membuat stress hilang serta ingatan oleh sebab itu lebih tajam. Pernah mengucapkan kan kalo menulis tersebut bisa membereskan kepikunan?

Medan Bertukar Informasi

Dengan blog, setiap orang2 dengan gampang bertukar informasi antara mono dengan yang lainnya. Maka itu informasi yang didapatkan juga lebih banyak dipadankan dengan berunding secara sinambung di dalam kelompok-kelompok belajar. Informasi yang didapatkan juga gak hanya dari teman-teman sejajar tapi pun dari kelas lain, lebih dari itu dari maktab yang lain. Itu jika blog memang diterapkan di semata sekolah di Indonesia.

Mengenali Karakter Siswa/Mahasiswa dan Daya Pendidik



Daripada tulisan seseorang sebenarnya member bisa mengenali karakter seseorang. Kalau setiap siswa/mahasiswa memiliki blog tempat menampung gagasannya, guru ataupun dosen tentunya bisa paham karakter keturunan didiknya. Begitu juga dengan siswa/mahasiswa sendiri dapat mengenali kepribadian guru atau dosennya. Meskipun tak sesudah-sudahnya, setidaknya terdapat beberapa sesuatu yang bisa jadi tidak sepertinya bisa member ketahui pada Tomi Purba kelas ketika proses pendedahan terjadi.

Mengambil Pendidik dan anak didik

Blog bisa menjadi ajang bertemunya tenaga widyaiswara dan anak didik di pendatang jam mencari ilmu. Kalau dalam bertemu satu per satu siswa secara langsung dalam luar perenggan selain bukan memungkinkan, takut-takut akan menimbulkan hal-hal yang kurang mengenakkan. Lain karya kalau bertemunya di blog. Lebih publik mengeluarkan opini dan mengikuti pendapat orang-orang lain. Takut-takut banyak siswa/mahasiswa yang punya pendapat akan tetapi tak tersalurkan di kelas. Blog hendak menjadi wadah yang akurat untuk itu. Kedekatan bisa terbangun dengan sendirinya dan lebih menyenangkan.

Masih penuh lagi kepentingan blog dalam dunia pendidikan yang bisa jadi luput dari minat saya. Tapi menurut beta 4 kepentingan tersebut ialah manfaat yang sangat raksasa dari blog untuk dunia pendidikan.